Search for:

Profil Lulusan

Profil lulusan adalah peran yang dapat dilakukan oleh lulusan di bidang keahlian atau bidang kerja tertentu setelah menyelesaikan studi
ProfilBidangDeskripsi Profil/Profesi
1Story Development ArtistScript writer, Storyboard Artist dan Pre- Visualization Artist
2Visual Development Artist3D Asset Creator (Modelling Artist, Teksturing Artist, UV Mesh Artist), 3D Shading Artist, Lighting Artist Dan Rendering Artist, 3D Layout Artist, 2D Asset Creator( Colouring Artist, Clean Up Artist, 2D Background Artist )
3Motion Designer & Development Artist3D Animator Artist, 2D Inbetween Artist, 2D Key Pose Artist Dan  2D Digital Puppet Animator
4Technical System DesignerTechnical Supervisor, Character Setup Artist,Video Editor
5Desainer GameGame Designer, Game Interface Designer, Game Asset Designer, User Experience Designer, Game Animator Dan Game Programmer
6Entrepreneur industri animasi dan gameInovator dan Memiliki usaha dalam bidang animasi dan game seperti Animation Company, Game Studio Production dan Production House

Capaian Pembelajaran

KATEGORI CPKODE CPDESKRIPSI CP
Aspek SikapAS-1Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
AS-2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
AS-3Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia
AS-4Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila
AS-5Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
AS-6Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
AS-7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara
AS-8Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
AS-9Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
AS-10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
Aspek PengetahuanAP-1Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang analisis citra visual (8 aspect of visual imaging analysis), teori komunikasi visual.
AP-2Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metodologi penciptaan karya, desain karakter, gestur bentuk, gestur gerak, penceritaan (story telling) dan sinematografi.
AP-3Menguasai konsep teoretis secara umum tentang fenomologi, semiotika dan prinsip dasar animasi (12 basic principles of animation)
AP-4Menguasai konsep teoritis secara umum dan teknik menggambar, penerapan teknologi dan metode produksi.
AP-5Menguasai prinsip dan teknik aplikasi minimal tiga buah piranti lunak animasi dan game
AP-6Menguasai pengetahuan faktual sejarah seni (art history) dan perkembangan teknologi animasi dan game terkini dan termaju
Aspek Keterampilan UmumAKU-1Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
AKU-2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
AKU-3Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni
AKU-4Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
AKU-5Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya
AKU-6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya serta berjiwa enterpreneur
AKU-7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
AKU-8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
AKU-9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Aspek Keterampilan KhususAKK-1Mampu melakukan riset dan eksplorasi ide berdasarkan tujuan dan sasaran dalam penciptaan karya animasi untuk menetapkan konsep karya animasi dengan mempertimbangkan aspek visual, estetika, komunikasi, etika, dan antar budaya (cross-culture).
AKK-2Mampu mengatasi permasalahan komunikasi massa, edukasi atau hiburan melalui proses penciptaan karya animasi yang estetis dan inovatif.
AKK-3Mampu melakukan analisis terhadap tingkat efesiensi pemanfaatan sumber daya, teknik, teknologi, dan waktu dalam proses penciptaan karya, tanpa mengubah esensi dan estetika desain.
AKK-4Mampu mengkritisi dan mengapresiasi karya animasi sesuai dengan aspek etis, historis, kultural, personal, kritikal, estetis, pragmatis, dan nilai tambah
AKK-5Mampu mengkomunikasikan pesan visual melalui proses penterjemahan ekspresi gerak.
AKK-6Mampu merancang produk animasi dan game yang memiliki nilai jual dan pengakuan hak cipta (intellectual property) dengan menerapkan prinsip dasar desain dan teknologi dalam proses desain
AKK-7Mampu melakukan perancangan bisnis model berbasis hak cipta (intelectual property) dalam desain terapan dan produksi animasi.
AKK-8Mampu menentukan piranti lunak yang sesuai untuk perancangan produk animasi.
 AKK-9Terampil berbahasa Inggris sebagai bahasa pendukung dalam berkomunikasi dan berkorespondensi dalam lingkungan global.