UNP Gelar Diklat Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi

Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan pelatihan serta sertifikasi yang dinamai Diklat 3 in 1 3D Animate: Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi yang dilaksanakan di gedung fakultas teknik elektronika UNP. Pada kegiatan ini UNP bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian melalui Balai Diklat Industri Denpasar.

    • Pelatihan yang berlangsung pada 29 Juni – 24 Juli 2021 itu diikuti oleh mahasiswa UNP dari berbagai angkatan dan jurusan yang jumlahnya dibatasi hingga 25 orang saja.

Kegiatan ini dilaksanakan guna membentuk mahasiswa memiliki keahlian dalam membuat figur 3 dimensi bergerak dan tampak lebih hidup. Serta mengingat animasi 3d menjadi salah satu multimedia yang komunikatif dan interaktif di zaman sekarang.

    • M Abdi Kurniawan, salah satu mahasiswa animasi dari angkatan 2021 yang mengikuti kegiatan ini, memberikan tanggapan yang sangat positif.

Kata Abdi, “Pembelajarannya memuaskan, yang dipelajari basic-basic animasi disana,” ia menambahkan, “kesannya di atas ekspektasi, pesertanya ramah semua, kegiatannya seru.”

    • Kegiatan ini diakhiri dengan uji kompetensi untuk sertifikasi, dimana para peserta diuji penguasaannya terhadap materi yang sudah dipelajari selama hampir sebulan.

Harapannya, dengan adanya pelatihan dan sertifikasi ini, para mahasiswa yang sudah ikut nantinya dapat berkontribusi aktif bagi industri animasi di tanah air.