KATEGORI CP | KODE CP | DESKRIPSI CP |
Aspek Sikap | AS-1 | Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
| AS-2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika |
| AS-3 | Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia |
| AS-4 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila |
| AS-5 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
| AS-6 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
| AS-7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara |
| AS-8 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
| AS-9 | Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
| AS-10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
Aspek Pengetahuan | AP-1 | Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang analisis citra visual (8 aspect of visual imaging analysis), teori komunikasi visual. |
| AP-2 | Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metodologi penciptaan karya, desain karakter, gestur bentuk, gestur gerak, penceritaan (story telling) dan sinematografi. |
| AP-3 | Menguasai konsep teoretis secara umum tentang fenomologi, semiotika dan prinsip dasar animasi (12 basic principles of animation) |
| AP-4 | Menguasai konsep teoritis secara umum dan teknik menggambar, penerapan teknologi dan metode produksi. |
| AP-5 | Menguasai prinsip dan teknik aplikasi minimal tiga buah piranti lunak animasi dan game |
| AP-6 | Menguasai pengetahuan faktual sejarah seni (art history) dan perkembangan teknologi animasi dan game terkini dan termaju |
Aspek Keterampilan Umum | AKU-1 | Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. |
| AKU-2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
| AKU-3 | Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni |
| AKU-4 | Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
| AKU-5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
| AKU-6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya serta berjiwa enterpreneur |
| AKU-7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
| AKU-8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
| AKU-9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
Aspek Keterampilan Khusus | AKK-1 | Mampu melakukan riset dan eksplorasi ide berdasarkan tujuan dan sasaran dalam penciptaan karya animasi untuk menetapkan konsep karya animasi dengan mempertimbangkan aspek visual, estetika, komunikasi, etika, dan antar budaya (cross-culture). |
| AKK-2 | Mampu mengatasi permasalahan komunikasi massa, edukasi atau hiburan melalui proses penciptaan karya animasi yang estetis dan inovatif. |
| AKK-3 | Mampu melakukan analisis terhadap tingkat efesiensi pemanfaatan sumber daya, teknik, teknologi, dan waktu dalam proses penciptaan karya, tanpa mengubah esensi dan estetika desain. |
| AKK-4 | Mampu mengkritisi dan mengapresiasi karya animasi sesuai dengan aspek etis, historis, kultural, personal, kritikal, estetis, pragmatis, dan nilai tambah |
| AKK-5 | Mampu mengkomunikasikan pesan visual melalui proses penterjemahan ekspresi gerak. |
| AKK-6 | Mampu merancang produk animasi dan game yang memiliki nilai jual dan pengakuan hak cipta (intellectual property) dengan menerapkan prinsip dasar desain dan teknologi dalam proses desain |
| AKK-7 | Mampu melakukan perancangan bisnis model berbasis hak cipta (intelectual property) dalam desain terapan dan produksi animasi. |
| AKK-8 | Mampu menentukan piranti lunak yang sesuai untuk perancangan produk animasi. |
| AKK-9 | Terampil berbahasa Inggris sebagai bahasa pendukung dalam berkomunikasi dan berkorespondensi dalam lingkungan global. |